Enter Keyword here..

And press enter.

HEALTHY AND HAPPY AT HOME

Masa pandemi ini bukanlah waktu yang mudah bagi semua orang, terlebih para orangtua. Dalam kondisi tetap harus menjaga sumber pemasukan keluarga, kebanyakan dari orangtua juga harus berperan ganda sebagai pekerja rumah tangga dan guru pendamping bagi anak-anaknya. Dalam jangka waktu cukup panjang, sangat mudah bagi mereka untuk menjadi stres dan kekurangan semangat hidup. Oleh karena itu, kita harus mencoba untuk tetap menjaga kebiasaan baik. Dengan begitu, tubuh dan otak bisa tetap terjaga waras. Apa saja kebiasaan baik yang dapat kita mulai biasakan?

1. Perbanyak Bergerak, Sedikit Leha-leha
Olahraga, meskipun membayangkannya saja terasa berat, tak bisa dipungkiri akan membuat perasaan kita menjadi lebih baik. Olahraga bukan hanya memberikan energi tetapi juga membantu kita menjaga berat badan tetap stabil.

Selain olahraga khusus selama setidaknya 30 menit per hari, kegiatan sehari-hari yang membutuhkan kontribusi pergerakan tubuh, seperti membilas baju secara manual tanpa bantuan mesin pengering atau menaiki anak tangga untuk menjemur pakaian, ternyata efektif juga membantu timbangan untuk tidak mudah mengarah ke kanan.

2. Ciptakan Tidur Malam yang Berkualitas
Kebanyakan dari kita umumnya sudah mengetahui apa dampak dari kurangnya tidur pada malam hari. Mulai dari lemas, tak produktif, hingga sulit berkonsentrasi, mudah saja terjadi. Lebih parahnya lagi, kekurangan jam tidur pada suatu malam tadi tidak hanya menimbulkan masalah pada keesokan harinya, tetapi juga pada masa-masa panjang setelahnya. Seiring waktu, kondisi tubuh yang kekurangan waktu istirahat akan berpotensi mengalami gangguan kesehatan.

Bagaimana cara menciptakan tidur yang berkualitas? Antara lain dengan melatih otak dan tubuh untuk patuh pada jadwal tidur yang terbaik. Selain itu, usahakan juga kamar tidur berada dalam kondisi tenang, gelap, dan sejuk pada saat Anda hendak tidur. Lalu, jadikan kamar sebagai tempat tidur, bukan untuk menonton televisi.

3. Tetap Terhidrasi
Dengan banyaknya pilihan minuman yang mudah kita temui dewasa ini, air putih kadang memang terasa sebagai pilihan yang paling membosankan. Ya, tidak? Kalau bisa memesan kopi atau minuman lainnya mengapa harus minum air putih? Bukan tidak boleh, tetapi faktanya tubuh sangat mengandalkan air putih untuk berbagai kinerja di dalam tubuh agar dapat berfungsi secara optimal, misalnya untuk mendukung kerja otak, mengedarkan darah, hingga menjaga suhu tubuh tetap normal. Jadi, jangan sampai kita lengah. Pastikan Anda rutin meminum air putih untuk menggantikan air yang secara konstan keluar melalui tubuh lewat pernapasan, keringat, dan kegiatan buang air.

Kalau minum air putih terasa berat atau rentan terlupa, coba ciptakan rutinitas seperti menyediakan air putih di dalam botol air minum kemudian letakkan di dekat tempat kita berkegiatan. Bisa juga Anda tambahkan buah-buahan ke dalam air putih agar rasanya tidak hambar. Atau, konsumsi makanan ringan yang mengandung banyak air seperti buah semangka, mentimun, dan stroberi.

Makan Buah dan Sayur
Terdengar klise, ya? Namun, nyatanya kebutuhan akan sayur dan buah yang para ahli anjurkan untuk kita konsumsi setiap hari adalah separuh dari jatah makan kita setiap hari.

Pola makan yang diperkaya dengan sayur dan buah akan membuat tubuh bekerja lebih baik, membantu Anda menjaga berat badan tetap seimbang, dan mengurangi risiko terserang penyakit berbahaya.

Bingung bagaimana caranya membuat sayur dan buah menjadi lebih mudah untuk Anda makan? Cobalah untuk belajar mengolahnya menjadi lebih menarik. Sayuran tak harus selalu dibuat sayur bening, bisa juga Anda kreasikan menjadi salad, tumisan, atau sup.

Berikan Penghargaan Bagi Diri Sendiri
Setelah hari yang panjang untuk menyelesaikan pekerjaan sambil menemani anak sekolah di rumah, sangat wajar jika Anda menyediakan waktu khusus untuk relaksasi. Mengapa penting untuk mengerjakannya setiap hari? Relaksasi akan membuat Anda tidak kelelahan dan tetap terjaga untuk terus berbuat yang benar. Tak jadi marah-marah tanpa alasan, bahkan untuk hal yang terdengar remeh sekalipun.

Hal apa yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk penghargaan bagi diri sendiri? Jangan lantas langsung memilih makan sepuasnya atau nonton TV semalaman. Pastikan hal yang Anda lakukan tetap berada pada koridor yang tak merugikan tubuh dan otak secara keseluruhan.

Coba pertimbangkan untuk melakukan kegiatan yang bukan hanya membuat Anda menikmatinya tetapi juga bersyukur bisa melakukannya. Pilihannya bisa berupa memelihara hewan piaraan, berkebun, atau sesederhana duduk tenang sambil membaca buku bersama suami di teras belakang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *