Enter Keyword here..

And press enter.

Manfaat Olahraga Malam

Kebanyakan orang memilih berolahraga di pagi hari karena merasa pada waktu itulah mereka memiliki tenaga untuk melakukannya ketimbang nanti sore atau malam setelah berkegiatan. Walau begitu, tidak semua orang nyatanya sanggup atau mempunyai kesempatan untuk melakukan olahraga di pagi hari. Apalagi di tengah bulan Ramadhan seperti sekarang ini.

Ada orang yang sistem kerja tubuhnya baru benar-benar berfungsi di atas pukul 10.00, ada juga yang memang karena kesibukan dan kondisi tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga di pagi hari. Baru sempat, ya, di sore atau malam hari. Tidak masalah, karena olahraga malam hari pun ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh. Tidak percaya? Ini buktinya.


Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Clinical Research Centre of the University of Chicago menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga di sore atau malam hari memiliki tingkat hormon kortisol dan thyrotropin yang lebih tinggi ketimbang mereka yang berolahraga di pagi hari. Naiknya kedua hormon tadi menyebabkan kadar gula darah turun sehingga meminimalisasi kemungkinan seseorang terkena diabetes. “Ini merupakan tanda bahwa metabolisme tubuh kita akan beradaptasi dengan baik terhadap olahraga malam asalkan dilakukan secara rutin”, ujar kepala penelitian, Dr Orfeu Buxton.


Lebih Bertenaga

Bagi sebagian orang yang sistem kerja tubuhnya baru “terbangun” di siang hari, olahraga malam tentunya menjadi lebih efektif karena pada waktu itu sudah tubuh menyimpan lebih banyak energi dibandingkan pada pagi hari. Makanan yang Anda konsumsi di siang hari atau pada saat berbuka puasa akan menjadi bahan bakar yang tepat untuk pembakaran kalori di malam hari.


Lebih Santai

Kalau Anda termasuk anggota klub kebugaran, seperti Celebrity Fitness MARGOCITY (First Floor) misalnya, tentu tahu rasanya berolahraga saat jam sibuk yang berlangsung pada pagi, siang, atau tepat sesaat jam pulang kantor. Itu kenapa, lebih enak olahraga malam. Di malam hari, ruangan gym menjadi lebih lengang. Kita bisa leluasa menggunakan alat-alat kebugaran yang kita inginkan tanpa harus repot menunggu atau bergantian sehingga kita pun bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari berolahraga.


Bebas Stres & Tidur Lebih Nyenyak

Sebuah studi menyebutkan bahwa olahraga yang dilakukan pada malam hari terbukti dapat meredakan ketegangan serta stres yang Anda rasakan dari berkegiatan seharian. Ini terjadi karena saat berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang berfungsi melancarkan aliran peredaran darah. Tubuh akan menjadi relaks sehingga membuat tidur pun menjadi lebih berkualitas.


Sekarang Anda sudah tahu gunanya olahraga malam. Olahraga, jam berapa pun kita melakukannya, sebenarnya baik bagi tubuh daripada tidak melakukannya sama sekali. Jadi, jangan terpatok pada kapan Anda sebaiknya melakukannya. Ingatlah selalu bahwa kesehatan merupakan hal penting untuk kita jaga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *