Enter Keyword here..

And press enter.

Simple Rules for Arranging Furniture

Penempatan furnitur di dalam rumah kadang-kadang terasa menyulitkan jika kita mengerjakan semuanya sendiri dari nol. Apalagi, jika sembari mempertimbangkan fungsi dan estetikanya juga. Beruntung saat ini sudah banyak aturan simpel dan mudah dari para desainer yang dapat kita ikuti. Dengan mengikuti aturan tersebut, kita pelan-pelan jadi menemukan bahwa mengatur sendiri furnitur di dalam rumah tidak semengerikan yang kita bayangkan, kok. Apa saja misalnya?

Tentukan Titik Fokus
Fokus berarti menentukan satu hal menarik yang dapat menjadi pusat tata letak furnitur, contohnya jendela besar dengan pemandangan ke arah luar. Titik fokus membantu Anda memusatkan konsep tata ruang sehingga lebih terarah.

Ciptakan Ruang untuk Bercakap-cakap
Maksudnya di sini adalah ruang yang secara alamiah membantu Anda dan orang-orang yang berada di dalam satu area untuk berbincang dengan mudah, tanpa harus berteriak agar suaranya terdengar atau melongok supaya dirinya terlihat. Caranya antara lain dengan memosisikan sofa dan kursi secara berdekatan dan tidak menempatkan aksesori ruang yang tingginya menutupi jarak pandang.

Cari Keseimbangan dalam Pengaturan
Pastikan Anda tidak menempatkan benda yang bentuknya serupa seperti kotak atau bundar di dalam satu ruangan. Misal, jika Anda memilih sofa atau kursi dengan garis-garis yang tegas, jangan padukan dengan meja kopi berbentuk kotak pula. Sebagai gantinya, pilihlah meja yang bermodel bundar.

Pertimbangkan Lalu-lintas Orang
Jangan sampai ada benda yang membuat orang tersandung atau kesulitan lewat. Tata furnitur agak berjarak satu dengan yang lain agar orang bisa dengan mudah melintasinya.

Gunakan Karpet dengan Ukuran yang Sesuai
Karpet tidak hanya dapat berfungsi sebagai alas tetapi juga sebagai pemisah ruang. Kalau Anda memutuskan untuk menggunakan karpet sebagai pemisah ruang, pastikan Anda memilih ukuran yang tepat. Jangan sampai karpet tampak kekecilan atau terlalu besar.

Pasang Pencahayaan
Ini adalah salah satu fitur penting untuk ruangan apa pun. Posisikan lampu dengan tingkatan yang berbeda agar menciptakan efek yang saling melengkapi. Contohnya lampu lantai, lampu meja, dan lampu sorot. Lampu lantai cocok untuk Anda tempatkan di tepi sofa atau di belakang kursi. Lampu meja akan terlihat cantik jika Anda taruh di sisi meja atau di atas rak. Sementara lampu sorot bisa Anda pasang di dinding, mengarah ke satu hal penting, seperti lukisan.

Aplikasikan Hiasan Dinding dengan Ukuran yang Tepat
Apapun hiasan dinding yang Anda pilih, semisal foto, lukisan, atau jam, haruslah Anda posisikan dengan terencana dan sesuai proporsinya. Jangan sampai misalnya Anda menempatkan foto berukuran mungil di belakang sofa besar. Nanti jadi tidak seimbang. Sebagai gantinya, taruhlah hiasan dinding yang setidaknya berukuran dua per tiga lebar sofa. Kalaupun misalnya Anda tetap berencana untuk menempatkan foto berukuran mungil, tempatkan secara berkelompok.

Setelah semua rencana Anda tersusun, paling penting berikutnya tentu saja memutuskan furnitur dan aksesori apa yang cocok untuk Anda tempatkan di rumah. Kalau saat ini Anda tengah mencari furnitur bergaya netral yang modelnya tak lekang waktu, bisa Anda meluncur ke JYSK yang terletak di lantai Lower Ground atau ACE Hardware di lantai 2. JYSK menyediakan furnitur bergaya Skandinavia berkualitas dengan harga yang terjangkau. Sementara ACE Hardware adalah toko serbaada yang menawarkan segala kebutuhan rumah tangga.

 

ACE HARDWARE
MARGOCITY, SECOND FLOOR

JYSK
MARGOCITY, LOWER GROUND FLOOR

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *